Friday, August 3, 2018

Chicken Wings Barbeque

August 03, 2018 0 Comments
Yang nanya resep chicken wings barbeque udah ditulis disini ya...
Resep asli punyanya mbak @isnasutanto tapi saya modif dikit

CHICKEN WINGS BARBEQUE
Bahan :
500 gram sayap potong jadi dua
1 buah jeruk nipis

Bumbu perendam :
1 ruas jahe - parut
1 siung bawang putih, haluskan
Garam secukupnya

Bumbu saus :
1 sdm margarin
1 siung bawang putih - cincang halus
4 sdm saus tomat
2 sdm kecap manis
1 Sdm saus barbeque
1/2 sdt penyedap rasa
1/2 sdt merica
1 sdt gula pasir
Garam secukupnya

Cara membuat :
1. Cuci bersih sayap ayam, beri perasan air jeruk nipis, diamkan selama 15 menit dan bilas.
2. Campur bumbu perendam, rendam ayam selama 1-2 jam dalam kulkas.
3. Goreng sayap ayam sampai kecoklatan. Angkat, sisihkan.
4. Panaskan margarin tumis bawang putih hingga harum, masukkan saus tomat, kecap dan saus barbeque, kemudian aduk rata.
5. Tambahkan garam, gula, merica dan penyedap rasa aduk sampai semua bahan tercampur.
6. Masukkan sayap ayam, aduk cepat sampai semua bumbu menempel rata. Angkat dan sajikan




Bento Hari Ini

August 03, 2018 0 Comments
Bekel anak-anak hari ini.. yang simple aja. Buat kakak nasi dihias pake egg sheet bentuk mobil, tumis sayuran dan ayam barbeque.


Buat adek lebih simple lagi karena jadwal menunya cuma buah jadi ya masukin yang ada aja, strawberry, jeruk dan melon cukup dihias pake foodpicks.


Thursday, August 2, 2018

Aqila Masuk TK

August 02, 2018 0 Comments
Sudah hampir 3 minggu si Adek resmi jadi anak TK. Masuk TK juga tanpa perencanaan, saya juga ga ada niat masukin Aqila sekolah tahun ini, tapi kasian juga dia udah ngarep banget pengen sekolah. Akhirnya setelah pulang mudik, hari pertama anak-anak masuk sekolah saya coba nanya apakah masih terima pendaftaran siswa baru ? dan Alhamdulillah masih..

Pertama kali daftar jadi hari pertamanya masuk sekolah dan langsung dikenal sama guru-gurunya soalnya dulu kakaknya juga sekolah disini. Pada dasarnya Aqila gampang sosialisasinya jadi ya udah langsung aja banyak temennya dan langsung dapet bintang pertama karena keberaniannya nyanyi di depan kelas 👍😊

Hebatnya lagi dari hari pertama ga mau ditungguin, bundanya diusir suruh pulang aja ntar dateng lagi kalo mau jemput pulang sekolah hahaha... lumayan kan bisa ngerjain yang lain.

Sama seperti jaman kakaknya dulu untuk menu bekal udah dijadwal.. enak juga sih biar emaknya ga pusing kan mikirin menu hehehe.. Dan biar adil kaya kakaknya dulu bekal buat Adek juga saya bikinin bento-bentoan biar semangat makannya dan ga lirak lirik menu temennya karena kadang rumput tetangga lebih hijau, liat temennya dibawain mie instant anak-anak pengen juga makan mie instant.. jadi ya mari kita hijaukan rumput kita sendiri hehe

Ini sebagian menu anak-anak yang sempet difotoin, kebanyakan ga sempetnya sih soalnya udah riweuh harus ngerjain ini dan itu..













.

Wednesday, July 25, 2018

Kuliner Pesisir Pantai Madura

July 25, 2018 0 Comments
Mudik kemaren sedikit jalan-jalannya tapi banyak makan-makannya hahahaha..

Kemanapun pergi saya lebih suka mencicipi kuliner khas daerah ketimbang makanan atau minuman hits yang lagi viral.. Apalagi kalo mudik segala kuliner khas daerah pengen dibeli, segala pengen dicoba. Ada penjual rujak baru di daerah sini yuuuk berangkat, ada penjual nasi singkong di daerah sana yuuuk dicobain.. pokoknya rasa penasaran ketika mudik itu jadi semakin besar hahaha..

yak.. yang pertama adalah rumput laut.. fresh from the sea, tanpa pewarna dan pengawet, cukup tambahkan kelapa urap atau bubuk jagung aja.. nikmaaat. yang di bawahnya adalah keong laut alias buteng. Ini adalah kuliner wajib kalo pulang kampung. salah satu resep awet muda, ga usah kebanyakan pake kosmetik langsung aja makan bahan dasar pembuatan kosmetiknya 😝
Rumput Laut / Bulung
Keong Laut/ Buteng
Selanjutnya Kupang Lontong, Sebenernya ini bukan kuliner Madura asli tapi saya sukaaa gimana dong ?! dulu taunya ini dari daerah Kraton Pasuruan tapi di daerah Kenjeran Surabaya juga banyak kok... 

Kupang Lontong
Kupang sejenis kerang kecil-kecil yang dinikmati dengan irisan lontong, bumbunya cuma petis kupang, cabe rawit, air jeruk nipis yang diulek kemudian di siram dengan kaldu kupang dan jadilah kupang lontong.. di Pamekasan penjual kupang ini bisa ditemui saat CFD (Car Free Day) di Arek Lancor tepatnya di depan Gereja.

Melipir sejenak ke pasar.. rasanya seneng liat ikan-ikan segar disini, maklumlah yaa di Bekasi ikannya udah anyep kurang seger.

Cuek Pindang
bisa dipepes, digoreng atau dibumbu merah 
Nah.. coba ngacung yang belum tau kerang bambu.. yaa ini diaaaa, kalo ga tau mungkin pernah denger rengginang lorjuk, kacang lorjuk, nah lorjuk ini bahasa Madura dari kerang bambu. Selain buat campuran rengginang dan kacang, lorjuk ini bisa diolah menjadi soto. Kalo dulu sama ibu cuma dimasak bening aja, rasanya uenaaak apalagi kalo makannya disuapin ibu, nikmatnya bertambah berkali-kali lipat 😋😋

Kerang Bambu Basah
Lorjuk saat ini lagi naik daun, harganya fantastis.. satu kilo lorjuk kering harganya bisa mencapai 500 ribu rupiah, jadi kalo lebaran ada yang menyuguhkan kacang lorjuk jangan lewatkan kesempatan ini yaaa.. makanlah sepuasnya, pilih lorjuknya dan singkirkan kacangnya hahaha 😝

Kalo jalan-jalan ke daerah Sumenep di pinggir jalan banyak penjual buah Siwalan dan air Legen.. ga ada salahnya dicoba. Sebungkus buah siwalan hanya seribu rupiah (isi 3-4 buah) untuk sebotol Legen sekitar 10-15 ribu rupiah tapi saya ga bisa jamin keasliannya, ada baiknya kalo mau yang fresh tanpa campuran langsung beli ketika ada orang yang sedang menyuling legen dari atas pohon siwalan, dijamin manisnya asli dan fresh


Nah kalo yang ini bubur campur Madura, ditempat lain ada yang menyebutnya jenang

Bubur campur 
Melipir ke daerah kabupaten Sampang ada kuliner khas yaitu Nasi Kobal.. Nasi kobal awalnya nasi bekal untuk para nelayan yang akan melaut, dulu isinya cuma nasi putih, urap kelapa, sambal dan sesuir ikan. Seiring perkembangan kuliner lauk untuk nasi kobalpun makin bermacam-macam, bukan hanya olahan "sea food" lauk ayam dan telurpun juga menghiasi sebungkus nasi kobal ini.

Penjual Nasi Kobal
Nyari kulineran di daerah Pamekasan ? gampang.. untuk sarapan ada Nasi Jajan (nasi rames) khas Pamekasan. Salah satunya yang terkenal adalah nasi jajan ibu Emmy, banyak penjual nasi jajan ini tapi pastikan anda tidak salah alamat.

Nasi jajan ibu Emmy ini ada di Jl. Cokroatmojo Gg XI/ No 5A Pamekasan (Belakang kosan Pondok Mulia) di depan gang ada yang jual nasi jajan juga, cuma yang rasanya endeesss cuma disini.. inget yaa nasi jajan ibu Emmy yang masuk gang 

Nasi Jajan/ Nasi Rames ibu Emmy
Beli nasi rames ini saat masa-masa lebaran harus sabar ngantrinya, keliatannya yang beli cuma 5 orang tapi kalo seorang belinya sampe 25 bungkus, 75 bungkus byuuh edyaaaaaan... tapi cepet kok pelayanannya, ngantrinya juga kebayar sama rasa nasinya. Biar ga ngantri ada baiknya pesan via telpon dulu jadi nyampe lokasi tinggal ambil.. atau mau makan di tempat juga bisa.

Nyebrang melewati Suramadu ga afdhol kalo belum kesini.. ya kaaan ? rasanya sudah tidak bisa dideskripsikan dengan kata-kata. Silahkan datang dan nikmati cumaaaa harus sabaaar



Udahan dulu kulinerannya karena jarum timbangan masih nganan terus belum menampakkan tanda-tanda ke kiri

Saturday, April 21, 2018

Foto Prewedding

April 21, 2018 0 Comments
Jadi fotographer prewedding dadakan kemaren.. temanya natural aja, kalo tema formal fotografernya nyerah deh hehehe..

Lokasi : Kebun Raya Bogor

3 dari sekian pose dan jepretan 😃😃😃
dan kita nebeng juga foto post wedding hahahaha


lumayanlah bisa gantiin foto keluarga yang lama, yang masih bertiga, yang selalu diprotes Aqila karena ga ada foto siluet dia di foto itu.. jadi lunas ya dek sekarang.. udah foto komplit kita 😍

Friday, April 20, 2018

Ambruk

April 20, 2018 0 Comments
Cerita beberapa minggu yang lalu..

Setelah estafet ngerjain pesenan orang, bolak balik Bekasi-Tanah abang dan nyiapin acara pembentukan panitia pernikahan Lusy akhirnya saya ambruk juga.. Baru kali ini asma kumat lagi setelah puluhan tahun ga pernah kumat.

Ayam Kodok

Kue Soes
Baru kemaren malemnya ngerasa badan ga enak, besoknya nafas mulai payah ga bisa ngambil nafas panjang dan untuk bernafas seperti biasa rasanya berat. mengi/bengek dan pendek.

Minggu pagi udah diajak ke dokter sama pak suami tapi nolak terus dan banyak alasannya, beneran aja malemnya jadi ngap-ngapan dan langsung dibawa ke UGD Hermina Bekasi.. diperiksa sebentar, disuntikin obat dan boleh pulang.. cuma 2 jam ga pake ngamar.. Alhamdulillah


Friday, March 23, 2018

Galantin

March 23, 2018 0 Comments
Kemaren dapet pesenan Ayam Kodok karena bikinnya ngepas jadi anak-anak ga kebagian, biasanya kalo bikin lebih sisa isiannya saya bikin Galantin buat cemilan atau sekedar stock untuk bekel kakak sekolah.

Aqila nagih terus (padahal emaknya yang kepengen banget) nanyain ayam kodok, akhirnya kemaren memanfaatkan stock dada ayam yang ada dan sisa daging yang tinggal seuprit jadi dimanfaatkan aja.


Galantin
Bahan :
- 450gr daging ayam giling
- 50 gr daging sapi giling
- 2 potong roti tawar, rendam dalam susu cair, haluskan
- 3 butir telur
- 1 sdt gula
- ½ sdt garam
- 1/8 sdt merica bubuk hitam
- 1/8 sdt pala bubuk
- 1 blok/balok kaldu blok rasa ayam
- 1 bungkus soup krim ayam instant

1/4 bulat kecil Bawang bombay + 3 siung bawang putih, cincang halus, tumis harum

Cara membuat:
Campur dan aduk semua bahan jadi satu hingga merata, cicipi dulu rasanya, bila sudah pas masukkan dalam gulungan daun seperti membuat lontong atau bisa menggunakan cetakan lontong yang dalamnya sudah dilapis aluminium foil atau daun pisang, kukus 30 menit hingga matang, keluarkan dan goreng hingga bagian dalamnya kecoklatan.

Bahan Saus :
- 1/4 bulat Bawang bombay, cincang kasar
- 1/2 kaleng kecil jamur champignon, cincang kasar (bisa di skip atau saya kemaren pake jamur kuping dicincang halus) 😁
- 2 sdm Margarin
- ¼ sdt Merica
- 1/4 sdt Garam
- 2 sdm Kecap Manis
- 1 sdm Kecap Inggris
- 4 sdm Saus tomat
- 200 - 250 cc Air Kaldu Ayam sisa kukusan atau pakai Air biasa
- 1 sdt Maizena, larutkan dengan sedikit air

Cara membuat saus : Tumis bawang bombay dengan margarin dan minyak goreng hingga harum. Masukkan jamur cincang, aduk2 rata. Campur semua macam kecap, masukkan ke dalam tumisan, aduk2 rata hingga harum dan agak sedikit berkaramel, kemudian bubuhi garam, merica, aduk lagi.
Tambahkan kaldu ayam, aduk2 merata, cicipi, jika rasa sudah cukup pas, baru terakhir tambahkan larutan maizena , aduk mendidih hingga agak kental. Matikan api, siap digunakan sausnya.

Sayur Pelengkap :
- Kentang - potong memanjang dan goreng
- Buncis - potong sesuai selera
- Wortel - potong sesuai selera
- Jagung manis 

Rebus buncis, wortel dan jagung dalam air mendidih yang sebelumnya sudah ditambahkan 1sdm gula pasir. Tata galantin dalam piring saji, tambahkan sayuran dan kentang goreng lalu siranm dengan saus. Sajikan

Karena anak-anak kurang suka kalo buncis dipotong memanjang jadi kemaren dipotong kecil-kecil semua dan Alhamdulillah potongan buncis seperti ini malah ludess..

Powered by Blogger.

Followers

About