Saturday, March 9, 2019

Garang Asem Ayam Jamur

March 09, 2019 0 Comments
Garang Asem ini kesukaan anak-anak, apalagi kalo jamurnya dibanyakin dijamin tandas tak bersisa.
Resep Garang Asem ini dapet dari blognya mbak Rachmah beberapa tahun silam. Suka pake resep ini karena selain enak cara bikinnyapun praktis ga pake acara ditum segala, meskipun ga punya daun pisang tetep jadi heheee..
foto lama 
Bahan :
1 ekor Ayam tanpa kepala, besar sedang saja, bersihkan semua lemaknya, potong2 kecil
1 bungkus jamur merang atau jamur tiram juga boleh, bersihkan dan potong2
2 buah tomat hijau, masing-masing belah jadi 8
8 buah belimbing wuluh, masing-masing iris jadi 3/4
3 buah cabe merah, iris 2 cm-an
5 buah cabe hijau, iris 2 cm-an
5 buah cabe rawit merah, iris pangkalnya & biarkan utuh
3 cm laos, diiris-iris tipis
10 butir bawang merah, diiris tipis
6 butir bawang putih, diiris tipis
2 batang serai, dikeprek lalu diiris 2 cm-an
4 lbr daun jeruk, iris jadi 2 & buang tulang daunnya
3 lbr daun salam, iris-iris jadi 4
1 sdt masako rasa ayam
1 sdt garam
1 sdt gula

Caranya:
1. Panaskan kukusan hingga mendidih. Alasi pinggan tahan panas dengan daun pisang 2 lapis.
2. Dalam mangkuk besar, masukkan semua bahan & aduk-aduk hingga tercampur rata.
3. Pindahkan campuran bahan ini ke dalam pinggan yang sudah dialasi daun, kukus kira-kira 30 menit. Tidak perlu ditambah air, bahan-bahannya akan mengeluarkan kuah. Tapi bila menghendaki kuah banyak, bisa ditambah kaldu ayam. Garam-gula menyesuaikan.

Kalo ga punya belimbing wuluh tomat hijaunya dibanyakin aja, mungkin sekitar 6-7 buah kalo ukurannya kecil, kalo yang besar pake 4 juga cukup.

Garang asem ini kuahnya bening ya, kalo pengen yang pake santen bisa ditambahin sedikit santan encer aja.

Selamat Mencoba

ini saya tambahin santan encer sedikit

Monday, February 18, 2019

ROTI MANIS

February 18, 2019 0 Comments
Dari kapan hari pengen banget bikin roti, bahan-bahan udah ada cuma males ngadoninnya mana tangan kanan kekilir. Pengen ngeluarin mixer tapi kok males hehehe tapi ujung-ujungnya bongkar lemari juga buat ngeluarin si mixer..

langsung aja ya.. pake resep ini hasilnya bagus banget lembut, empuk dan serat rotinya ga kalah sama gerai roti depan komplek 😋


ROTI MANIS
(resep : IG @liliana.wijaya68)
Bahan:
- 300 gr terigu protein tinggi (saya kemaren pake 260gr tepung protein tinggi dan 30gr tepung protein sedang)
- 60gr gula pasir
- 10 gr susu bubuk (pake dancow yang sachet)
- 5 gr ragi instan
- 1 kuning telur + 50 gr whipping cream cair + susu cair = 220 gr (saya pake 2 kuning telur + 270gr susu cair)
- 25 gr butter
- 2 gr garam             

Cara Membuat:
1. Mixer semua bahan kecuali butter n garam, sampe setengah kalis.
2. Masukkan butter n garam, mixer sampe kalis elastis.
3. Diamkan adonan hingga mengembang, sekitar 45 menit.
4. Kempiskan adonan, lalu timbang, bentuk, dan beri isian. Istirahatkan sampe mengembang 2x lipat.
5. Panggang dlm oven yg sudah dipanaskan, suhu 200' sekitar 25 menit (kenali oven masing-masing)

sebelum masuk oven
Caterpillar bread
yang caterpillar bread ini kreasinya anak-anak katanya mau dibuat bekel ke sekolah sama ke tempat les, nyatanya habis sebelum masuk kotak bekelnya 😅😂
Powered by Blogger.

Followers

About