Monday, May 13, 2019

Tips Membuat Kue Kastengel Yang Enak

May 13, 2019 0 Comments
Hayoo udah pada nyiapin kue lebaran belum ?? Biasanya nih ya menjelang lebaran gini orang-orang sibuk menyiapkan kue lebaran, ada yang bikin sendiri dan ada juga yang beli jadi. Nah kalau saya biasanya kue-kue ini saya bikin sendiri. Kenapa harus repot bikin sendiri ? karena saya ingin memastikan bahan-bahan yang salah pilih adalah bahan berkwalitas sehingga menghasilkan kue yang renyah dan nikmat.

Kue favorit di anak-anak di rumah adalah nastar dan kastengel. Siapa yang tidak mengenal kue nastar dan kastengel ? Minimal Anda sudah pernah merasakan salah satu jenis kue yang sangat familiar saat lebaran tersebut. Berbagai kue tersebut memang sangat terkenal sekali dan banyak disukai oleh orang Indonesia. Mempunyai rasa yang nikmat, tidak terlalu manis dan rasanya yang empuk menjadi salah satu kelebihan dari kue tersebut. Apalagi jika menggunakan tambahan keju edam dalam pembuatannya, inilah alasannya kue-kue tersebut sangat disukai oleh anak-anak sampai dengan orang yang sudah dewasa.

Dalam pembuatan kue kastengel meskipun terbilang sederhana tetapi pembuatannya perlu ketelitian dan trik yang tepat sehingga menghasilkan kue kastengel yang nikmat. Salah satu rahasia menghasilkan jenis kue tersebut adalah pilihan jenis keju yang digunakan. 

Seperti yang diketahui jika ada banyak sekali jenis keju yang dapat Anda temukan dipasaran. 
Nah, berikut ini ada beberapa tips yang bisa Anda gunakan yaitu:

1. Pilih jenis keju dengan tekstur yang keras seperti jenis keju yang lebih mudah ditemukan di
Indonesia.
2. Gunakan keju dengan takaran yang pas sehingga rasa sangat sesuai.
3. Pilih jenis keju dengan aroma dan rasa yang tajam sehingga lebih terasa saat digunakan.
Keju Edam
Selain dari keju, ada beberapa jenis bahan lainnya yang Anda perlukan dalam pembuatan kue kastengel yang nikmat dan lebih renyah. Mulai dari tepung terigu, telur ayam, kuning telur yang sudah dikocok, mentega, keju cheddar dan juga margarin yang sering digunakan sebagai olesan sehingga kue lebih mengkilap saat dipanggang. Masing-masing bahan harus ditakar sesuai dengan kebutuhan sehingga tepat untuk menjadi kue yang renyah dan nikmat.

Jika Anda salah satu orang yang ingin membuat kue kastengel sendiri dirumah bisa langsung persiapan terlebih dahulu bahan-bahan yang diperlukan seperti diatas. Supaya tidak kerepotan membeli apa saja bahan yang diperlukan, Anda bisa langsung kunjungi tokowahab.com yang menyediakan segala jenis bahan kue mentah. Tidak terkecuali berbagai merek dari jenis harga keju Kraft dengan harga yang berbeda-beda.

Ini resep kue kastengel yang biasanya saya pakai..

KASTENGEL
Bahan :
25 gr margarin
150 gr butter
2 butir kuning telur
125 gr keju edam, parut
225 gr tepung terigu protein sedang
keju cheddar parut untuk taburan secukupnya

Bahan Olesan :
2 butir kuning telur + 1 sdt margarin
(campur dan aduk rata)

Cara Membuat :
- Kocok butter, margarin dan kuning telur hingga sedikit mengembang (sebentar aja ya).
- Masukkan terigu dan keju edam sedikit demi sedikit sambil diaduk rata menggunakan spatula.
- Gilas adonan menggunakan rolling pin dan cetak sesuai selera.
- Tata di loyang yang sudah dioles tipis margarin, beri olesan dan taburi keju cheddar parut.
- Panggang dalam oven bersuhu 160'C selama 20-30 menit hingga matang.
- Angkat dan dinginkan di atas colling rack baru dimasukkan ke dalam wadah kedap udara.

Kastengel hasil begadang sama anak lanang :)

Saturday, March 9, 2019

Garang Asem Ayam Jamur

March 09, 2019 0 Comments
Garang Asem ini kesukaan anak-anak, apalagi kalo jamurnya dibanyakin dijamin tandas tak bersisa.
Resep Garang Asem ini dapet dari blognya mbak Rachmah beberapa tahun silam. Suka pake resep ini karena selain enak cara bikinnyapun praktis ga pake acara ditum segala, meskipun ga punya daun pisang tetep jadi heheee..
foto lama 
Bahan :
1 ekor Ayam tanpa kepala, besar sedang saja, bersihkan semua lemaknya, potong2 kecil
1 bungkus jamur merang atau jamur tiram juga boleh, bersihkan dan potong2
2 buah tomat hijau, masing-masing belah jadi 8
8 buah belimbing wuluh, masing-masing iris jadi 3/4
3 buah cabe merah, iris 2 cm-an
5 buah cabe hijau, iris 2 cm-an
5 buah cabe rawit merah, iris pangkalnya & biarkan utuh
3 cm laos, diiris-iris tipis
10 butir bawang merah, diiris tipis
6 butir bawang putih, diiris tipis
2 batang serai, dikeprek lalu diiris 2 cm-an
4 lbr daun jeruk, iris jadi 2 & buang tulang daunnya
3 lbr daun salam, iris-iris jadi 4
1 sdt masako rasa ayam
1 sdt garam
1 sdt gula

Caranya:
1. Panaskan kukusan hingga mendidih. Alasi pinggan tahan panas dengan daun pisang 2 lapis.
2. Dalam mangkuk besar, masukkan semua bahan & aduk-aduk hingga tercampur rata.
3. Pindahkan campuran bahan ini ke dalam pinggan yang sudah dialasi daun, kukus kira-kira 30 menit. Tidak perlu ditambah air, bahan-bahannya akan mengeluarkan kuah. Tapi bila menghendaki kuah banyak, bisa ditambah kaldu ayam. Garam-gula menyesuaikan.

Kalo ga punya belimbing wuluh tomat hijaunya dibanyakin aja, mungkin sekitar 6-7 buah kalo ukurannya kecil, kalo yang besar pake 4 juga cukup.

Garang asem ini kuahnya bening ya, kalo pengen yang pake santen bisa ditambahin sedikit santan encer aja.

Selamat Mencoba

ini saya tambahin santan encer sedikit

Monday, February 18, 2019

ROTI MANIS

February 18, 2019 0 Comments
Dari kapan hari pengen banget bikin roti, bahan-bahan udah ada cuma males ngadoninnya mana tangan kanan kekilir. Pengen ngeluarin mixer tapi kok males hehehe tapi ujung-ujungnya bongkar lemari juga buat ngeluarin si mixer..

langsung aja ya.. pake resep ini hasilnya bagus banget lembut, empuk dan serat rotinya ga kalah sama gerai roti depan komplek 😋


ROTI MANIS
(resep : IG @liliana.wijaya68)
Bahan:
- 300 gr terigu protein tinggi (saya kemaren pake 260gr tepung protein tinggi dan 30gr tepung protein sedang)
- 60gr gula pasir
- 10 gr susu bubuk (pake dancow yang sachet)
- 5 gr ragi instan
- 1 kuning telur + 50 gr whipping cream cair + susu cair = 220 gr (saya pake 2 kuning telur + 270gr susu cair)
- 25 gr butter
- 2 gr garam             

Cara Membuat:
1. Mixer semua bahan kecuali butter n garam, sampe setengah kalis.
2. Masukkan butter n garam, mixer sampe kalis elastis.
3. Diamkan adonan hingga mengembang, sekitar 45 menit.
4. Kempiskan adonan, lalu timbang, bentuk, dan beri isian. Istirahatkan sampe mengembang 2x lipat.
5. Panggang dlm oven yg sudah dipanaskan, suhu 200' sekitar 25 menit (kenali oven masing-masing)

sebelum masuk oven
Caterpillar bread
yang caterpillar bread ini kreasinya anak-anak katanya mau dibuat bekel ke sekolah sama ke tempat les, nyatanya habis sebelum masuk kotak bekelnya 😅😂
Powered by Blogger.

Followers

About