Friday, September 7, 2018

# Food photography # petulo

Putu Mayang

Putu Mayang bahasa jawanya Petulo, bahasa Maduranya Pattolah.. ini makanan favorit dari kecil biasanya yang bikin almarhumah emak (mbah) dengan warna yang khas pink dan putih. Kalo pulang selalu ditanya mau dibikinin apa ? pasti jawabnya Pattolah.. saya bantu bagian nyetaknya aja dan selanjutnya bantu ngabisin hehehe..

Sekarang udah merantau mau ga mau bikin sendiri dan rasanya bangga, pengen gitu pengumuman ke ibu kalo anaknya udah bisa bikin putu mayang sendiri tapi ntar sama ibu pasti dibilang norak.. hahahha 😆


Tau ga ?! setelah bikin putu mayang ini badan terutama bagian tangan, lengan dan bahu rasanya sakit semua, kaya pertama kali olahraga setelah puluhan purnama ga olahraga.. awalnya ngira karena hormon setelah mens ternyata oh ternyata setelah diinget-inget ini semua efek mencet adonan putu mayang sekuat tenaga dan penuh penghayatan hahhaha.. kayanya besok mudik harus bawa cetakan putu mayang punya ibu deh..

1 resep ini bisa jadi sekitar 25 - 30 tergantung ukuran 

 Putu Mayang/ Petulo

Bahan :
200 gr tepung beras
50 gr tepung sagu/ tapioka
300 ml santan kekentalan sedang
1/2 sdt garam
Pewarna makanan 
Daun Pisang

Saos Kinca :
500 ml santan kekentalan sedang
250 gr gula merah
3 sdm gula putih
1/2 sdt garam
2 lembar daun pandan
1 sdm Maizena larutkan dengan sedikit air

Cara Membuat :
Campur santan, tepung beras, garam aduk rata. Baru dipanas kan di api kecil sambil terus diaduk. Agar tdk bergerindil (kyk buat bubur sumsum)

Setelah itu angkat jadi sudah mengental tambah tepung tapioka, aduk hinggal kalis. Bagi sesuai warna yg diingin kan. Aduk trs hingga rata warna nya.

Masukan kedalam cetakan putu mayang dan pencet/tekan hingga adonan keluar, ga da cetakan bisa pake piping bag atau plastik segitiga yang dilubangi kecil, lalu pencet diatas daun pisang yg sudah dioles minyak goreng sedikit. Pencet dengan tenaga yaa, dan rasakan efeknya untuk lengan dan bahu anda 😆

Panas kan kukusan, lalu kukus selama 10 menit. Jk sudah matang angkat.

Saus kinca : 
1. Campur santan, gula merah, gula pasir, garam dan daun pandan yang sudah disimpulkan.
2. Rebus sambil diaduk hingga mendidih
3. Tuangkan maizena yang sudah dilarutkan dengan air, aduk hingga kuah mengental.



No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.

Followers

About