Friday, March 23, 2018

Galantin

March 23, 2018 0 Comments
Kemaren dapet pesenan Ayam Kodok karena bikinnya ngepas jadi anak-anak ga kebagian, biasanya kalo bikin lebih sisa isiannya saya bikin Galantin buat cemilan atau sekedar stock untuk bekel kakak sekolah.

Aqila nagih terus (padahal emaknya yang kepengen banget) nanyain ayam kodok, akhirnya kemaren memanfaatkan stock dada ayam yang ada dan sisa daging yang tinggal seuprit jadi dimanfaatkan aja.


Galantin
Bahan :
- 450gr daging ayam giling
- 50 gr daging sapi giling
- 2 potong roti tawar, rendam dalam susu cair, haluskan
- 3 butir telur
- 1 sdt gula
- ½ sdt garam
- 1/8 sdt merica bubuk hitam
- 1/8 sdt pala bubuk
- 1 blok/balok kaldu blok rasa ayam
- 1 bungkus soup krim ayam instant

1/4 bulat kecil Bawang bombay + 3 siung bawang putih, cincang halus, tumis harum

Cara membuat:
Campur dan aduk semua bahan jadi satu hingga merata, cicipi dulu rasanya, bila sudah pas masukkan dalam gulungan daun seperti membuat lontong atau bisa menggunakan cetakan lontong yang dalamnya sudah dilapis aluminium foil atau daun pisang, kukus 30 menit hingga matang, keluarkan dan goreng hingga bagian dalamnya kecoklatan.

Bahan Saus :
- 1/4 bulat Bawang bombay, cincang kasar
- 1/2 kaleng kecil jamur champignon, cincang kasar (bisa di skip atau saya kemaren pake jamur kuping dicincang halus) 😁
- 2 sdm Margarin
- ¼ sdt Merica
- 1/4 sdt Garam
- 2 sdm Kecap Manis
- 1 sdm Kecap Inggris
- 4 sdm Saus tomat
- 200 - 250 cc Air Kaldu Ayam sisa kukusan atau pakai Air biasa
- 1 sdt Maizena, larutkan dengan sedikit air

Cara membuat saus : Tumis bawang bombay dengan margarin dan minyak goreng hingga harum. Masukkan jamur cincang, aduk2 rata. Campur semua macam kecap, masukkan ke dalam tumisan, aduk2 rata hingga harum dan agak sedikit berkaramel, kemudian bubuhi garam, merica, aduk lagi.
Tambahkan kaldu ayam, aduk2 merata, cicipi, jika rasa sudah cukup pas, baru terakhir tambahkan larutan maizena , aduk mendidih hingga agak kental. Matikan api, siap digunakan sausnya.

Sayur Pelengkap :
- Kentang - potong memanjang dan goreng
- Buncis - potong sesuai selera
- Wortel - potong sesuai selera
- Jagung manis 

Rebus buncis, wortel dan jagung dalam air mendidih yang sebelumnya sudah ditambahkan 1sdm gula pasir. Tata galantin dalam piring saji, tambahkan sayuran dan kentang goreng lalu siranm dengan saus. Sajikan

Karena anak-anak kurang suka kalo buncis dipotong memanjang jadi kemaren dipotong kecil-kecil semua dan Alhamdulillah potongan buncis seperti ini malah ludess..

Wednesday, March 21, 2018

Eksim

March 21, 2018 0 Comments
Dulu pernah cerita disini tentang Eksim yang saya alami dan Alhamdulillah sekarang sudah bisa dikatakan sembuh meskipun ya ga sembuh total tapi sekarang sudah tau cara mengatasinya.

Saya pakai krim ini untuk mengatasi eksim kalo lagi kambuh

foto : https://egyptianmagic.com/
Ini bukan endorse atau apa cuma berbagi pengalaman aja kali aja ada teman-teman yang mengalami hal serupa seperti saya.

Dulu saya pernah menggunakan krim ini untuk perawatan wajah dan pengobatan luka anak-anak karena krim ini memang serba guna. Aqila pernah jatuh dan bibirnya pecah berdarah dan bengkak, langsung saya oles krim ini, Alhamdulillah proses penyembuhannya cepat.

Menurut dokter obat alergi paling utama adalah menghindari pencetusnya. Setelah diamati ternyata eksim saya kambuh kalo saya makan makanan dari olahan tiram (saos tiram), ebi (udang kering) dan olahan rebon (terasi). Sekalinya makan makanan dari olahan bahan tersebut meskipun dalam jumlah yang sedikit atau sebatas nyicipin, langsung deh jari tangan mulai keluar bruntusan berair yang gatalnya ampuuun. Kalo udah gatal gini karena saking asyiknya digaruk jadinya sampe luka dan ini memperparah keadaan. Sekarang sejak tau krim ini kalo jari tangan mulai gatal langsung saya oles tipis pake krim ini, besoknya keliatan bruntusan berairnya mulai mengering dan rasa gatalnya juga hilang.

Nah buat teman-teman yang punya nasib serupa kaya saya bisa dicoba krim ini, ga usah beli yang jar gede beli yang pake kemasan sharing aja dulu sekitar 10ml atau 15ml soalnya kalo menurut saya harganya mahal kalo misal ga cocok kan ga nyesek banget beli krim 500 ribuan tapi ga kepake lagi.

Belajar Hidroponik

March 21, 2018 0 Comments
Sudah beberapa bulan belakangan ini belajar bercocok tanam dengan sistem hidroponik. Awalnya karena dicerewetin paksu lama-lama jengah akhirnya ya sudah monggo pak kalo mau bikin instalasinya sendiri istrimu mengabulkan niat muliamu yang ingin lebih menghijauhkan halaman depan yang cuma seuprit itu. 

Aqila & Samhong
Ndilalah ya kirain abis dia bikin instalasinya bakalan dia yang terjun langsung bercocok tanam eh malah diserahkan ke istrinya dari mulai penyemaian bibit sampe perawatannya, padahal kan harapan saya cuma terima jadi alias tinggal nunggu masa panen tiba tapi ternyata tidaaak....

Setelah dijalanin dengan hati ikhlas ternyata menyenangkan juga, ga repot nyiram tiap hari paling cuma nambahin air dan nutrisinya aja. Bisa dibilang gampang-gampang susahlah.. 

Suka dukanya banyaak hahahha... sukanya dulu nih ya.. seneng aja kalo liat tanaman kita subur dan waktu masa panen tiba. Dukanya kalo kita berhadapan dengan tikus, pernah nih  benih yang sudah siap kita pindahin ke pot hidroponik dilalap habis sama tikus se rockwollnya juga dan ini sama artinya kita harus ngulang dari nol lagi.. Musuh bercocok tanam itu kalo ga tikus, belalang, kuman dan ulat.. kalo berhadapan sama yang terakhir itu saya nyerah deh udah terserah ulatnya mo kayang, salto, push up silahkan saya geliiiiii ngeliatnya. 

Panen pertama pakcoy dan selada
Pernah juga masa panen tinggal 2 hari lagi, daun mint yang saya tanem dibagian bawah juga lagi subur-suburnya eh tiba-tiba ketika saya nyampe rumah dari bepergian semua taneman itu mati layu dan kering huaaaa pengen nangis gulung-gulung rasanya, ternyata selama ditinggal pipa bagian bawahnya ada yang lepas jadi sirkulasi air otomatis ga bisa naik keatas lagi.. gagal sudah yang mau panen dan sejak itu mood bercocok tanam langsung down, mo mulai dari awal juga udah males 😭

Samhong yang pertumbuhannya paling cepat diantara semua
Sekarang moodnya lagi ada, kemaren udah nyemai biji selada merah, samhong, pakcoy dan sawi.. Semoga kali ini sukses bisa panen lagi yaaa

Sunday, March 18, 2018

Abon Goes to Paris

March 18, 2018 0 Comments
Alhamdulillah Abonku udah jalan-jalan ke Paris, yang bikin mah ntar nyusul ya keliling dunia kaya juragan Umroh Bareng Yuk Julia W 😍😗


Add caption
Ke luar negeri kok bawa abon sih ? cobain dong makanan lokal disana... bener banget, sayapun akan menjelajah wisata kuliner dimanapun saya berada tapii kadang kan ada waktu-waktu tertentu kita kangen pengen masakan rumah, makanya ga ada salahnya bawa makanan khas buatan kita atau ibu misalnya untuk mengobati rasa rindu sama masakan rumahan..


Abon Homemade by Nely ini diolah dengan bahan segar pilihan dan rempah-rempah asli Indonesia. Pengemasan yang praktis juga memudahkan kita membawanya, tinggal masukin ke dalam tas beres deh bisa dibawa travelling, kerja, kuliah atau ke sekolah. 

Abon ini juga bisa dikreasikan dengan masakan lain misal buat cocolan ketan, buat isian nasi gulung, isian lemper, atau ditabur diatas nasi hangat juga udah enak banget.

Kreasi bekel dengan abon ikan

Friday, March 16, 2018

Homemade with Love

March 16, 2018 0 Comments
Sekali kali posting soal jualan ya.. kasian jualannya cuma rame di Whatsapp sama di Facebook aja. Jadiiii setelah 2 tahun memutuskan resign akhirnya saya punya kesibukan. Berawal dari postingan tentang abon ikan tongkol di facebook dan Instagram yang kemudian berbuah PO dan orderan yang Alhamdulillah sampe sekarang masih jalan.. malah nambah Teri Krispy juga yang semuanya homemade by saya sendiri hehehe..

Selain abon dan teri krispy ada juga klappertart, ayam kodok, apple strudel dll
Abon Ikan Tongkol Rasa Original & Pedas
Teri Krispy

Ayam Kodok


Klappertart

Doakan ya teman-teman semoga bisnis ini berkembang, sukses dan barokah.. yang mau order yuk silahkan ditunggu lho yaa.. 

Thursday, March 1, 2018

Buah Gandaria

March 01, 2018 0 Comments
Beberapa tahun yang lalu pernah ada challange food photography yang temanya "Sambal" dan ada satu sambal yang bikin saya penasaran yaitu sambal gandaria. Coba nyari dan nanya tentang si buah gandaria ini tapi ternyata ga banyak yang tau, akhirnya beberapa tahun berganti dan si buah Gandaria ini rame lagi kemaren, di Instagram seliweran buah ini dan saking penasarannya uplek-uplek dunia per onlenan nyoba keberuntungan kali aja ada yang jual online dan ternyata ada !!... apa coba yang ga dijual online jaman sekarang ya ?!

dan taraaaa...

Buah Gandaria


Akhirnya bisa keturutan megang, nyicip dan ngolah si buah ini jadi sambel yang suegeeerrr banget..

Selanjutnya kira-kira penasaran hal aneh apa ya ? 😁

Asem Asem Daging

March 01, 2018 0 Comments
Lagi kumat pengen posting resep jadi harap dimaklumi yaaa..

Ceritanya Aqila & the genk "panen" blimbing sayur punya tetangga secara brutal.. banyak banget dan ukurannya juga yang masih remaja gitu, abis panen eh malah dibiarin aja di teras berserakan. Insting emak-emak pun jalan, blimbing sayur dikumpulin semua, masukin plastik dan simpen di kulkas. Besoknya beli daging sandung lamur di pasar trus dimasak deh


Resep Asem-asem Daging
Bahan-bahan

1/2 Kg Daging Sapi Sandung Lamur atau bisa diganti iga sapi
1.5 liter air

Bumbu (dihaluskan)
3 siung bawang putih
6 siung bawang merah

Bumbu Iris
2 siung bawang putih
3 siung bawang merah
15 buah cabe hijau (potong2)
5 buah cabe merah besar (potong2)
7 buah cabe rawit merah-hijau
1 buah tomat hijau besar (potong jadi 4)
6 buah belimbing wuluh (potong jadi 2-3)
2 lembar daun salam
2 lembar daun jeruk
1 batang sereh (keprek)
1 sendok makan kecap manis (resep asli pake 8sdm kecap tapi khawatir ntar rasanya jadi semur jadi saya kurangi) di skip juga bisa sebenernya
gula merah secukupnya
gula pasir secukupnya
2 sendok air asam jawa
garam secukupnya
1 kaldu blok rasa sapi

Cara membuat
Rebus daging sapi menggunakan panci presto sekitar 15 menit (rebus biasa sekitar 50 menit) kemudian buang 1/2 air rebusan lalu tambahkan air biasa ke volume semula. Masukkan daun salam, sereh dan daun jeruk, rebus kembali 5-8 menit

Tumis bawang merah dan bawang putih iris sampai layu kemudian masukkan bumbu halus tumis kembali hingga wangi lalu masukkan kedalam panci rebusan daging sapi, bumbui dengan kecap, gula merah, gula pasir, garam dan kaldu blok lalu aduk. Nyalakan kompor, rebus kembali dgn api kecil

Tambahkan potongan tomat, belimbing wuluh dan air asam, aduk (koreksi rasa) biarkan sebentar hingga mendidih (api dibesarkan ke sedang) lalu masukkan potongan cabe. Masak sekitar 7 menit, matikan kompor dan siap dihidangkan
Powered by Blogger.

Followers

About